Tes Kesehatan, Kebugaran, dan Wawancara CPNS Kemenkeu 2013

Advertisemen 300x250


Ini adalah tahap terakhir proses seleksi CPNS di Kementrian Keuangan. Pelaksanaannya mulai tanggal 25 s.d 29 November 2013 se-Indonesia. Bagaimana prosesnya? Berikut ini saya ceritakan proses seleksi tahap terakhir ini yang saya alami.

28 November
Hari dimana saya melaksanakan tes kesehatan dan tes kebugaran. Tes kesehatan meliputi pengecekan kesehatan dasar mulai dari tinggi dan berat badan, tensi darah, kesehatan mata, kesehatan gigi, kesehatan kaki, dan kesehatan tubuh secara global. Pengecekan kesehatan mata menggunakan alat seperti mikroskop yang menampilkan posisi papan catur, apakah di atas-di bawah-di kanan-atau di kiri.
Setelah melaksanakan  tes kesehatan, saya melanjutkan tes kebugaran yang terdiri atas 2 macam, yakni lari selama 12 menit mengelilingi lapangan sepak bola dengan keliling 300 m dan shuttle run sebanyak 3 kali  membentuk angka 8. Standar untuk lari 12 menit untuk laki-laki sebanyak 6 putaran, sedangkan untuk perempuan sebanyak 5 putaran.
29 November

Hari ini dimana tes wawancara yang berlokasi di kantor Kementrian keuangan wilayah Yogyakarta di Jl. Kusumanegara. Agar tidak terburu-buru saya datang 30 menit sebelum sesi ke-3 dimulai. Sesi ke-3 yang merupakan jadwal saya dimulai pukul 13.15-15.30.

Ternyata saya mendapatkan nomor urut sesi wawancara terakhir bersama 15 orang lainnya. Cerita sedikit, teman satu kampus yang ikut sampai tahap akhir ada mas Kholis (2008) dan mba Intan (2008).

Baca juga Tes Kompetensi Dasar CPNS Kemenkeu

Pada saat wawancara kita akan diminta menjawab pertanyaan dari 2 orang panitia. Pertanyaan yang diajukan meliputi pengalaman pendidikan, pekerjaan, dan prestasi kita. Kita diminta menjawab pertanyaan tersebut dengan jujur dan jawaban kita akan direkam menggunakan recorder.



Tips

A. Tes Kebugaran dan tes kesehatan
  1. Jaga pola makan dan pola tidur menjelang tes
  2. Berlatihlah lari setiap pagi mengelilingi lapangan selama mungkin
  3. Pada saat tes lari, tidak perlu lari cepat, lari biasa saja namun stabil. Usahakan menggunakan pernapasan perut saat berlari agar tidak cepat ngos-ngosan. Tanamkan motivasi “Kamu lebih kuat daripada apa yang kamu pikirkan”. Apabila mulai merasa kelelahan, ikuti langkah kaki orang yang berlari di depan kita, ini akan membuat kita juga ikut termotivasi berlari lagi.
B. Tes Wawancara
  1. Persiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan (CV, KTP, dan Tanda Peserta)
  2. Tidurlah lebih awal pada malam sebelum tes agar kondisi lebih prima.
  3. Berangkatlah lebih awal agar dapat nomor antrian awal dan juga tidak terburu-buru.
  4. Latihan tanya jawab terlebih dahulu dengan teman agar perasaan grogi tidak berlebihan.
  5. Jawablah pertanyaan panitia dengan jujur dan jelas. 

Advertisemen 336x280

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments